Tips Menjalankan Bisnis

Saat kita mencoba memulai berkecimpung di dunia bisnis, kita pasti akan memikirkan tentang beberapa hal, kepada siapa kita akan menjual produk kita? produk apa yang sedang di butuhkan? bagaimana cara memasarkannya? berapa modal yang di butuhkan? dan hal-hal lainnya.
Namun, setelah kita menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. kita akan di hadadapkan dengan sebuah masalah yang disebut niat. Kita akan cenderung ragu, apakah saya benar-benar berniat untuk memulai bisnis? apakah saya benar-benar mampu menjalannkanya? apakah saya memiliki passion di bidang ini?.

PSIKOLOGI: Beda Ragu-ragu dan Hati-hati | Hariyanto Imadha ...

Lalu bagaimana kita menghadapi situasi ini? Selain memperhitungkan peluang, kita harus konsisten akan apa yang kita pilih dan kerjakan, Istiqomah. Jangan terhenti karena sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, jangan terhenti karena kita mengalami kegagalan, jangan terhenti karna banyak orang yang mencemooh. Jangan terlalu percaya dengan orang lain, tapi buatlah orang lain percaya kepada kita.  kita harus menjadi orang yang memiliki daya juang, miliki mental yang tahan banting, tidak takut gagal dan berani mengambil resiko, sebesar apapun resikonya, bila kita telah memperhitungkan hasil yang akan di dapat kita tidak akan ragu untuk melakukan gebrakan pada bisnis kita, pun, andai kata apa yang kita upayakan gagal, tidak akan ada kata sia-sia, kerna kita telah mendapatkan pelajaran yang sangat berharga yaitu pengalaman. Bila kita adalah orang yang benar-benar pintar kita tidak akan jatuh kedalam lubang yang sama. sekali lagi, belajar dari pengalaman. Upayakan memiliki waktu untuk merenung, mengintrospeksi diri apa yang harus di tingkatkan dalam usaha kita, review ulang apa yang telah dikerjakan. Tanyakan pertanyaan kepada diri sendiri, apa yang mempengaruhi naik turunnya keuntungan? apa yang konsumen keluhkan? apa yang menghambat kemajuan bisnis? bagaimana menyelesaikan masalah ini?

secara garis konseptual, tips menjalankan bisnis adalah, be passion on it, pandailah lihat peluang, miliki daya juang, konsisten dengan apa yang kita pilih tapi terbukalah dengan perubahan zaman, belajar dari pengalaman, dan yang terakhir kaji ulang atau evaluasi diri kita dan juga bisnisnya.

Comments